Selasa, 01 Agustus 2017

MESIN RIBBON MIXER KAPASITAS 120 kg

Selamat Menjelang sore menjelang malam sob. Kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang tidak jauh masih seputar mesin untuk industri farmasi dan makanan yang sebagian pengertiannya telah saya posting di artikel Kumpulan Mesin Farmasi yang didalamnya terdapat beberapa penjelasan singkat. Lebih hususnya yaitu mesin ribbon mixer.

Ribbon mixer adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk mengaduk/mencampur bahan berbentuk powder dengan tingkat basah yang tinggi. Cara kerja mesin ini hampir sama dengan knider mixer yaitu digerakan oleh sebuah motor yang ditransmisikan pada sebuah gear box kemudian di sambungkan pada shaft untuk menggerakan bladenya




Ribon mixer biasanya khas dengan bentuk bladenya yang menyerupai bentuk secrew namu baldenya ini terputus satu sama lain dan memiliki ukuran yang berbeda natar diamter paling besar untuk diletakan dibagian luar dan diamater terkecil diletakan dibagian dalam yang berfungsi untuk mengaduk bolak balik prosuk agar merata. sperti ini bentuk blade atau pisau ribon mixer untuk type horizontal


Material yang digunakan untuk membuat mesin ini  tentunya harus sesuai standar GMP khusu untuk industri farmasi, makanan, dan minuman. dimana material yang kontak dengan produk harus menggunakan bahan SS316L dan material yang tidak kontak atau bersentuhan langsung dengan produk menggunakan bahan SS304.
Kita pelajari satu persatu spesifikasi dari mesin ribbon mixer yang telah kami buat beberapa minggu lalu sebagai berikut :
  1. Motor penggerak : motor yang digunakan memiliki power 5HP/4kW. ini untuk kapasitas 150 Kilo ya sob.
  2. Gear Box : merk Chenta redusder dengan Type ASS Size 100 ratio 1 : 30. fungsi dari gearbox ini mereduse putaran motor terhadap blade mixer agar tidak terlalu berat terhadap motor saat berputar. sehingga akan terasa ringan dan membantu motor agar tidak mudah rusak.
  3. Rangka body : yang digunakan untuk membuat mesin ini menggunakan UNP ukuran 75mm kemudian di cat epoksi. kemudian dicover menggunakan plat ss304 dengan ketebalan 1.5mm finishing hariline



  4. Rumah Chamber : Untuk rumah chamber atau tempat dimana produk akan diaduk itu menggunakan bahan SS316L dengan ketebalan plat kurang lebih 5mm dan dikasih support pada tiap sisi/dinding sebagai penguatnya. karena saat beroparasi tenaga yang dihasilkan dari putaran blade mixer dengan produk akan menimbulkan tekanan terhadap dinding tersebut, maka dari itu dinding harus diperkuat agar tidak mudah penyok atau melendoy.


  5. Balde mixer : terbuat dari bahan SS316L dengan diamter shaft 3" dan untuk plate bladenya menggunakan ketebalan 3mm.


  6. Troly penampungan : memang sangat diperlukan jika posisi mesin sangat tinggi dan jauh dari koneksi lainya. jadi untuk memudahkan moveble dibuatkanlah troly mobile supaya bisa dengan mudah untuk memindahkan prosuk dari mesin ini ke tempat lain.

  7. Trasmisi penggerak : menggunakan sprocket RS80 dari putaran gearbok menuju shaft ribon mixer, kemudian menggunakan V-bel + Puli untuk meneruskan putaran motor ke menuju gearbox.
Oke sob untuk kontrol panel mungki sobat semua sudah tau dari artikel lainnya yah seperti drum mixerdouble cone mixer dan yang lainnya terdapat penjelasan tentang kontrol panel. mesin ini juga hampirsama untuk cara pengoperasiannya seperti mesin tersebut. nah biar ane tidak perlu nulis lagi dipostingan ini maka agan cuku buka aja postingan yang ada tentang kontrol panel ya. 

Jika ada yang kurang paham atau ada pertanyaan seputar mesin silahkan berkomentar saja sob. siapa tahu kita nisa shearing . semoga bermanfaat