Sabtu, 10 Juni 2017

SQUARE CONE MIXER

     Seperti yang sudah dijelaslan pada Kumpulan Mesin Farmasi tentang Mesin Square Cone Mixer yang memiliki komponen cukup banyak namun sangangt mudah untuk ditiru. Yo kita perdalam mengenal lebih jauh tentang komponen tang terdapat pada mesin ini.

Square Cone Mixer berfungsi sebagai mesin untuk mengaduk 2-3 macam campuran bahan makanan, minuman, jamu, rempah-rempah dan obat-obatan yang berbentuk serbuk/tepung (Powder) atau granul (produk kering). Cara kerja Mesin Square Cone Mixer ini adalah bahan yang sudah dimasukan kedalam chamber akan akan diaduk dengan cara  memutarkan chamber dengan kecepatan yang diingikan. sehingga pencampuran bahan-bahan yang teraduk akan homogen.


Mesin Square Cone Mixer ini juga didesign sesuai kebutuhan GMP dimana untuk material yang contact dengan product menggunakan bahan SS316L dan untuk non conact product menggunakan SS304

Jika dibuka bagian cover samping pada mesin ini maka anda semua akan tau apa ajah komponen yang terdapat dalam mesin ini dan tentunya bagian dari mekanisme yang terpenting. Ini dia penampakannya

Berikut diatas adalah mesin Square Cone Mixer yang sudah dicopot cover sampingnya sehingga kita dapat melihat bagian didalamnya. Berikut pengenalan komponen dalam pembuatan mesin Square Cone Mixer ini :

  1. Motor Penggerak : Spesifikasi yang digunakan menggunakan Merk Electromotor 1.5kW/2HP 220/380V 50Hz dengan 1400 rpm. letak motor ini paling bawah
  2. Gearbox : Berfungsi sebagai Reducing putaran motor, cara kerjanya adalah putaran motor ditransmisikan dengan menggunakan sabut/belt ke gearbox kemudian kecepatan putaran diperlambat oleh gearbox tersebut. Spesifikasi gearbox yang dipake merk Chenta Gear Reducing ex Taiwan Size 100 Ratio 1 : 30
  3. Puly : Hampir semu orang tau tentang fungsi dari puly yaitu untuk mentransmisikan daya putaran dari penggerak utama ke yang akan digerakan. Dinsin puli yang dipake berukuran diamter 7" dan 4" (inchi)
  4. Sprocket : Ukuran srocket yang dipake menggnakan RS50T30 yang terpasang di AS dan RS50T14 yang terpasang di gearbox.

  5. Beairng : Pemakain bearing dengan type Omega kodenya UCP205, UCP208, UCP209. untuk mengetahui susunan bearing lihat saja gambar di atas.
  6. As/Shaft : Komponen ini merupakan bagian yang memiliki daya yang harus kuat dalam menopang, memutarkan dan meneruskan putaran pada Square Cone-nya. untuk melihat bentuk nya dapat dilihat pada gambar diatas.
  7. Chamber/SquareCone : Ini adalah tempat dimana product akan di mixing, bahan yang digunakan adalah SS316L, untuk itu perlunya mesin ini menyesuaikan pada kapasitas yang akan dipake. Sehingga munyesuiakan juga pada komponen lainnya seperti ukuran Gearbox, Kapasitas Motor, kode Bearing dan yang lainnya.Semakin besar kapasitas tampung pada chamber maka semakin besar juga daya yang harus dimiliki mesini ini utnuk mengoperasikannya.
  8. Butterfly Valve : Berfungsi sebagai output product dimana sestelah proses mixing selsai semua product akan dikeluarkan melalui Butterfly valve ini. Spesifikasi yang dipake menggunakan Butterfly Valve diamter 3" dengan bahan SS316L. Berikut Penampaknnya.
  9. Roda PU : Meisn ini memiliki roda untuk memudahkan mobil/ bisa dipindah pindah sehingga tidak perlu diangkat jika akan dipindahkan. roda yang dipake berukuran 3".
  10. Control Panel : Tentunya setiap mesin pasti memiliki kontrol panel yang berkaitan dengan kelistrikannya. Seperti yang sudah dijelaskan pada pengenalan mesin yang lain bahwa kontrol panel ini terdiri rangkaian control yang berfungsi untuk menjalankan mesin. Berikut Panel control untuk mesin ini:

    Kterangan:

    • 1bh Inverter : berfungsi untuk mengatur putaran motor sehingga kecepatan putaran motor dapat disting sesuai kebutuhan. Spesifikasi nya, menggnakan Inverter Merk Siemen 1,5kW/2HP 380-500V 50/60Hz
    • 3bh Selector Switch Untuk mengaktikan rangkaian listrik
    • 2bh Lampu indicator (Red & Green) Merk Otto
    • 1bh Timer H3CRA8 Merk  Omron

      Jika Cover panelnya di copot maka akan terlihat rangkaian listriknya seperti ini :
      Keterangan :
    • 1bh MCB 40 Amper 3Phase Merk Mitsubishi (yang warna putih 3 jalur gan)
    • 1bh MCB 2 Amper 1Phase Merk Hager (yang warna putih satu jalur gan)
    • Riley MY4N 220VAC Merk Omron (disamping MCB1 Phase
    • Terminal 20 Amper 
    • Kabel Diamter 5

      Meski tidak panjang lebar yang terpenting kita bisa paham dalam mengenal komponen komponen yang berada di dalam mesin. Semoga bermanfaat.
Jika Kurang paham atau ada yang mau ditanyakan silahkan masukan komentarnya saja mungkin kita bisa shering begituh gan...atau hubungi alamat email kami yang ada dislide tex di atas