Rabu, 14 Juni 2017

MIXER PRE MIXING

Dari Artikel Mesin Mesin Farmasi telah dijelaskan bahwa mesin farmasi harus memiliki spesifikasi yang jelas, baik itu dari system kelistrikan, kontruksi dan bahan material yang dipake khusunya yang kontak dengan product harus benar-benar food grade. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang mesin untuk kegunaan di farmas yaitu mesin mixer pre mixing. Berikut foto mesinnya.


Mixer pre Mixing adalah sebuh alat yang tidak jauh fungsinya sama dengan mesin mixer biasa yaitu untuk mengaduk bahan atau produk sampai menjadi homogen. Namun Mixer ini memiliki type balde untuk mengaduk dengan kecepatan rendah. Bahan yang terlalu kental akan mempengaruhi pada kecepatan mesin sehingga kecepatan mixer bisa diatur dengan menggunakan Variable Speed atau sering kita sebut Inverter.

Berikut adalah controh Type Blade yang digunakan 


Semua bahan yang dibuat untuk mesin ini tentunya harus dari Stainless Steel karena produk yang dibuat untuk dikonsumsi manusia maka dari itu harus memakai baha Food Grad, salah satunya yaitu Stanless Steel. Untuk Material yang kontak dengan produk menggunakan bahan SS316L sedengankan untuk material yang tidak kontak dengan produk menggunakan SS304 (Standard GMP)

Balde mixer ini bisa naik turun loh, karena didesign sesuai kebutuhan pemesan dengan dilengkapi ulir square agar blade bisa di atur ketinggiannya dengan naik turun dan memudahkan untuk memasukan wadah atau chamber yang berisi produk yang akan dimixing. Seperti ini gambar ulir untuk naik turunnya.



Untuk pengoperasian mesin mixer ini dilengkapi dengan kontrol panel sebagai cetral pengoperasian. di bagian kontrol panel terdapat lampu indicator, tombol power, tombol start dan tombol untuk naik turun mixer. Tidak lupa juga dibagian atas tuh warna hijau TNI itu namanya kontrol speed/Variable Speed fungsinya untuk mengatur kecepatan putaran blade .


Motor untuk menggerakan blade menggunakan motor type Gearmotor dengan ratio 1 : 15 220/380V 50Hz. Sedangakn motor pengerak naikturun balde menggunakan motor jenis Pei Moger dengan power 60 Wat 220V/50Hz.

Owh ia ada yang lupa, saat balde naik atau turun itu bergerak secara otomatis dengan hanya menekan satukali tomnol perintah yang kita inginkan. Misalnya jika kita ingin menaikan blade tekan tombol naik/UP maka blade akan naik sampai berhenti, begitupun sebaliknya jika tombol blade turun/Down di tekan maka blade akan turun sampai berhenti sendiri, karena dilengkapi dengan switch Off otomatis. Berikut fotonya


Tangki sebagai wadah produk yang akan di mixing tadi terbuat dari SS316L, Kurang lebih diameternya 400 mm dan tingginya 500 mm dengan ketebalan plat 1,5mm. Mungkin dicukupkan sekian untuk penjelasan mesin mixer premix ini. Jiaka ada pertanyaan atau hal lain untuk ditanyakan silahkan saja untuk berkpmentar pada kolom kometar yang sudah disediakan. Untuk konsultasi atau pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat dalam sukses.