Rabu, 07 Juni 2017

FBD / FLUID BAD DRYER

Sebagian besar industri farmasi dengan produk obat-obatan yang harus memiliki kontaminan tinggi dengan udara adalah hal yang diwajibkan untuk menghindari kontaminasi udara luar. Nah dalam proses tahapan pengeringan sebuah produk industri farmasi menggunakan mesin FBD atau Fluid Bade Dryer. Berikut Foto penampakan mesin FBD di bagian dalam ruangan.

Mesin Fluid Bed Dryer adalah sistem pengeringan yang lebih sesuai diperuntukan bagi bahan/ material yang bobotnya relatif ringan (bentuknya dapat berupa bubuk/tepung, kristal, granular dan sebagainya) dengan mekanisme pengeringan secara umum adalah sebagai berikut.

Bahan/ Material yang akan dikeringkan dimasukan secara konstan dan kontinu kedalam ruang pengering kemudian didorong oleh udara panas yang terkontrol dengan volume dan tekanan tertentu, selanjutnya bagi bahan/material yang telah kering (karena bobotnya sudah lebih ringan) akan keluar dari ruang pengeringan menuju siklon untuk ditangkap dan dipisahkan dari udara, namun bagi material yang halus akan ditangkap oleh pulsejet filter bag. 


 

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam sistem Fluid Bed Dryer adalah pengaturan yang baik antara tekanan udara, tingkat perpindahan panas, dan waktu pengeringan sehingga tidak timbul benturan/gesekan bahan/material pada saat proses pengeringan berlangsung.



Untuk bahan lengket atau memiliki kadar air yang tinggi sangat beresiko mengaplikasikan sistem ini, situasi seperti ini perlu dilakukan pengkondisian awal yaitu mencampurnya dengan bahan/material kering terlebih dahulu agar tidak menimbukan masalah pada unit siklon, demikian pula halnya untuk produk akhir yang halus dan ringan sangat perlu menggunakan pulse jet filter bag, dikarenakan siklon penangkap produk umumnya tidak mampu berfungsi dengan baik, bahkan dapat menimbulkan polusi udara.

                                       

Penentuan dimensi ruang bakar, suhu yang diaplikasikan serta volume dan tekanan udara sangat menetukan keberhasilan proses pengeringan, sehingga perlu diketahui data pendukung untuk merancang sistem ini diantaranya kadar air input, kadar air output, densiti material, ukuran material, maksimal panas yang diizinkan, sifat fisika/kimia output/input dan sebagainya.


Mesin Fluid Bed Dryer ini menggunakan bahan food grade standard GMP dimana untuk material yang berinteraksi langsung dengan product menggunakan bahan SS 316L dan untuk yang tidak bersentuhan langsung  menggunakan SS 304.


Saya akan Rinci terlebih dahulu kebutuhan pada bagian Panel listrik yang meliputi :
1. NFB 63 Amper 3Phase 
2. MCB 4 Amper 1 Phase Merk Hager
3. Contactor Model SC-N2 Merk Fuji Electrik
4. Contactor Model SC-05 Merk Fuji Electril
5. Overload Model TH-N20TA Merk Mitsubihshi
6. Overload Model TR-0n/3 Merk Fuji Electrik
7. Terminal 20 AMper
8. Solenoid Air Merk Festo Model MFH-5-1/4
9. Power Lamp 1bh Read Diameter 25 Merk Otto
10. Power Lamp 1bh Yellow Diameter 25 Merk Otto
11. Power Lamp 4 Green  Diameter 25 Merk Otto
12. Temperatur kontrol Model MACSO Merk Shimax
13. Temperatur kontrol Model TZN45
14. Selector Switch Diamter 25 Merk Auspicious
15. Emergency Stop Merk Auspicious

Kenapa saya sebutkan merk dan model?... yaitu pertama pengalaman saya membeli alat listrik untuk control panel pertengahan kualitas yang baik, Murah tapi bukan murahan dan untuk modelnya sendiri biar tahu alat listrik itu model dan merk biar singkron.


Kelengkapan untuk Mesin FBD atau Fluid bad Dryer ini sangat banyak juga seperti :

- Filter Bag
- Seal untuk Chamber
- Mesh Screen Chamber
- Pneumatic Dumper
- Pneumatic Lifting
- Pre Filter Ukuran 610x610x50
- Medium Filter Ukuran 610x610x150
- Hepa Filter Ukuran 610x610x150
- Exchanger Stainless Steel
- Thermocouple PT 100
- Elemen Heater



Nah untuk peralatan lainnya nanti saya akan aplod kembali foto foto yang sudah saya paparkan tentang Mesin FBD ini.., Untuk saat ini saya cukupkan sekian salam sehat..